September 08, 2019

Daftar Destinasi Pilihan di Banten Lama

Perjalanan dilanjut dengan KA Lokal menuju Stasiun Serang. Hanya butuh satu jam saja untuk sampai di Serang Kota. Sampai disana, kami berjalan menuju pusat kota Alun-alun sembari mencari penyewaan motor di jalan. Sebab rencananya kami hendak menuju ke pantai. Tak dinyana, setelah bertanya ke orang sekitar, jawabannya selalu sama, tidak ada sewa motor disana. Hal ini karena masih rawannya pencurian sepeda motor sehingga matinya usaha ini disana.

Kami pergi berlibur tanpa itinerary, hanya mengikuti alur saja. Berjalan menyusuri jalanan Kota Serang. Suasana pusat kotanya cukup ramai. Banyak warung pinggir jalan berjejeran. Kami pun makan sejenak, pecel lele. Setelahnya, kami masih menyusuri jalanan sampai akhirnya memutuskan menginap di Hotel Surya. Saya lupa harganya, kalau tidak salah 200k semalam.

Setelah istirahat merebahkan diri di hotel. Barulah kami menyusun lis wisata apa saja yang akan dikujungi besok. Inilah daftar destinasi Kota Serang yang kami kunjungi:

1. Museum Negeri Banten

Fosil Badak Ujung Kulon
Lokasi museum ini berdekatan dengan Alun-alun Serang. Bangunan museum ini dulunya adalah bekas gedung Karesidenan Banten. Sempat difungsikan sebagai kantor gubernur. Hingga akhirnya dijadikan museum. Apa yang menarik dari gedung ini adalah pilar-pilar megah bercat putih.
Gedung museum tampak depan dengan pilar megah
Museum ini menyimpan sejarah dan kebudayaan Banten di masa lalu hingga sekarang. Banyak diorama yang dipajang diantaranya cula badak, rempah-rempah, keris, uang kertas dan koin, suku Baduy, fosil badak, keramik dan ubin, arca Ganesha, dan film tentang Badak Ujung Kulon. Terdapat ruang untuk anak-anak berisi puzzle badak, peta Banten, dan sarana edukasi lainnya.

Kami pun sempat mengelilingi sekitaran museum, bekas rumah dinas Gubernur Atut ada di belakang museum ini. Sangat megah sekali.  Di sekitarannya nampak sepi sekali seperti tidak berpenghuni.

Berlanjut ke daerah utara. Kami pun memesan transportasi daring. Akhirnya ketemu dan ngobrol banyak soal wisata di Serang. Si Aghi rupanya suka jalan juga. Dia menawarkan untuk menemani kami berkeliling di wilayah utara. Ya kami mau lah, secara transportasi disana itu susah banget. Jadilah dia yang akhirnya menemani perjalanan kami sampai menjelang sore. Makasih ya Ghi (hitsnya Pandeglang dia) sudah ngajak keliling-keliling area destinasi Banten Lama.

2. Keraton Kaibon

Beberapa pintu gerbang yang masih kokoh berdiri tegak
Reruntuhan Istana Kaibon ini yang tertinggal hanya batu bata merah dan beberapa pilar bangunan tembok bercat putih. Terletak di Kampung Kroya, Desa Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Keraton ini dulunya merupakan bekas kediaman Raja Kesultanan Banten Sultan  Syafiudin (1809-1813). Setelah Kesultanan Banten jatuh ke tangan Belanda, keraton dijadikan pusat pemerintahan Bupati Banten. Lalu pada 1832, keraton ini dibongkar sehingga menyisakan pondasi, tembok dan pintu gerbang seperti yang ada sekarang.
Sisa reruntuhan Keraton Kaibon masih menyisakan jejak yang menarik dikunjungi
 Saya memikirkan jika Keraton ini dibangun ulang pastiinya akan indah sekali dan menambah nilai sejarah yang ada di Banten Lama. Sebab, reruntuhan yang ada menggambarkan puing-puing sisa kekejaman kolonial di masa lalu saat Banten bertekut lutut di tangan VOC.

3. Pecak Bandeng

Pecak Bandeng ini sambelnya nikmat banget
Makanan khas Serang ini memiliki citarasa yang unik akan sambelnya. Ikan bandeng dilumuri oleh sambal bawang aroma jeruk nipis. Kami makan siang di warung Pecak Bandeng Sawahluhur yang tidak jauh jaraknya dari Banten Lama. Untuk lebih lengkap mengenai Pecak Bandeng, silahkan klik disini.

4. Masjid Agung Banten

Under-construction
Berdekatan dengan Istana Surosowan (sayangnya ini diskip, sepertinya reruntuhan juga). Saat kami kesana, masjid ini sedang masa renovasi dan dipasang instalasi payung seperti yang ada di Masjid Nabawi. Banyak pengunjung datang ke tempat ini untuk berziarah. Banyak pula pedagang berjualan di depan jalanan masjid ini, seperti kembang, replika menara, barang kebutuhan, dan tentunya oleh-oleh.

Masjid tua ini memiliki menara putih yang indah. Terdapat dua balkon menara. Sayang sekali, lapangan masjid ini ditutup sehingga kami tidak bisa mengeskplorasi bagian halamannya. Terdapat area makam di sebelah masjid ini. Terdapat pula areal makam Sultan Banten. Di sisi timur, terdapat bekas tempat wudhu seperti bak kecil.

Ada view menarik lain, beberapa pengunjung mengambil air yang ada di bak dengan wadah botol untuk dibawa pulang. Lalu para peziarah memasuki kompleks pemakaman untuk berdoa silih berganti. Dua orang bapak berdiri di depan agak ke samping pintu makam sambil memegang kardus sebagai tempat kotak sumbangan. Sembari memandu peziarah bergiliran masuk. Orang-orang antre di area itu. Ramai sekali.

Ornamen masjid sendiri memiliki atap limas menumpuk lima bagian semakin ke atas semakin kecil. Kalau saya proyeksikan, ini merupakan simbol rukun islam yang jumlahnya ada lima. Memiliki banyak tiang penyangga. Terdapat pintu lorong kecil selain pintu utama. Ada satu mimbar kayu berukuran kecil. Beberapa lampu gantung dan dua jam kayu menempel pada kayu penyangga.
Interior Masjid Agung Banten
Di sekitaran masjid ini, banyak bangunan tua berjajar. Nah kalau sekarang, masjid ini sudah rampung direnovasi. Pasti berkunjung ke pelatarannya sudah nyaman sekali. Dengan nuansa baru payung pada sebagian sisi halamannya.

5. Benteng Speelwijk

Dari masjid, kami berjalan menyusuri jalan setapak ke utara lagi. Melewati rumah penduduk dan rel kereta api. Menuju ke Benteng Spielwijk yang dibangun tahun 1585 di atas tanah reruntuhan tembok Kota Banten Lama.  Jadi paska kalahnya Kesultanan Banten, Belanda membangun benteng ini sebagai simbol kekuasaan mereka.
Kondisi terkini Benteng Speelwijk
Bentuk benteng ini tidak beraturan. Lebih ke persegi dengan bastion pada setiap sudutnya. Yang tersisa sekarang adalah tembok tinggi menjulang bekas pertahanan koloni. Terdapat dua pintu setengah bundar arah utara, satu pintu di sisi barat. Banyak ruangan bawah tanah sebelah kiri di bawah area pengintai utara. Selain itu, yang masih teridentifikasi diantaranya 4 bastion, jendela meriam, ruang jaga, gudang logistik dan ruang penyimpanan senjata.
Dinding benteng masih kokoh, meski sebagian sudah usang
Lokasi benteng ini terletak di Kampung Pamarican, berjarak 600 meter sebelah barat laut Keraton Surosowan. Struktur benteng pertahanan ini masih nampak kokoh sekali. Ketebalan dindingnya nampak dari struktur bata merah yang dilapisi lagi dengan bebatuan keras. Dari bastion utara view mengarah ke pantai. Kini pada area dalam benteng ini ditumbuhi rerumputan liar yang menjadi lokasi padang ternak warga sekitar. Seperti terabaikan, bahkan tidak terawat sama sekali saksi sejarah ini.

6. Kerkhoff

Persis di sebelah selatan Benteng Speelwijk, deretan makam orang-orang Eropa ditemukan di area ini. Bentuk makamnya bermacam ukuran. Ada yang datar hingga membentuk bangunan ke atas. Sekitar 50 makam orang-orang Belanda, Perancis dan Inggris dimakamkan disana.
Area makam orang Belanda
Nah, di ujung tanah makam, ada bangunan seperti pos jaga yang usang namun klasik sekali. Atapnya rusak, hanya sedikit saja gentengnya yang masih tersisa alias bagian rangkanya nampak tua. Jendela merah melompong. Batu merah menyembul meruak-ruak dilekang waktu. Ada pohon rindang tumbuh subur di sampingnya.

7. Vihara Avalokitesvara Banten

Tidak jauh dari benteng, sebelah baratnya persis seberang sungai kecil yang mengarah ke laut. Saya pikir, dulunya pedagang Cina masuk berdagang hingga bermukim di area ini dari kanal kecil yang mengarah ke Banten Lama. Beberapa sumber menyebut kalau vihara tertua di Banten ini dibangun sejak abad ke 16.
Pada pintu masuk vihara, terdapat dua naga hijau pada atapnya seperti memperebutkan matahari. Pada sisi kanan dan kiri, ruangan dengan dupa dan lilin menyala. Sedang bagian kanannya, menara kecil untuk membakar dupa. Lalu memasuki Altar Kwan Im Pho Sat dengan banyak patung dewa-dewa pada setiap ruangnya. Ada empat tiang penyangga ornamen naga.
Pelataran vihara saat akhir pekan
Memiliki luas sekitar 10 hektar. Vihara ini merupakan bangunan cagar budaya Provinsi Banten. Sempat terbakar pada 2009, lalu dipugar sesuai bentukan aslinya pada 2012. Di area belakang vihara ini, lorong mengarah ke bangunan lain yang sepertinya juga tempat ibadah serta fasilitas bangunan vihara.

Lantas warna kemerahan dengan polesan kuning menjadi ciri khas vihara yang memiliki nama lain Klenteng Tri Darma. Sebutan ini memiliki makna kalau vihara ini diperuntukkan tiga umat kepercayaan sekaligus diantaranya Kong Hu Cu, Buddha dan Taoisme.

8. Dermaga Karang Antu

Wisata Bahari Karang Antu
Spot terkahir kami adalah menaiki perahu motor. Berlayar sekitar 30 menit di Teluk Banten. Tiket seharga Rp12.000 mengantarkan kami menikmati udara sore dari atas perahu. Air lautnya berwarna kecoklatan. Matahari hampir jatuh di ufuk barat. Wisata bahari ini cukup sederhana memang. Hampir sama dengan yang ada di Sunda Kelapa. Perahu kecil hilir mudik. Banyak sekali pengunjung yang datang ke dermaga ini. Ada yang memancing, duduk di pinggiran dermaga, atau sekadar menikmati waktu bersama keluarga di akhir pekan.
Saya berfoto bareng Aghi dan Agus
Berakhir sudah lliburan singkat kami di Rangkasbitung dan Banten. Saatnya pulang, kembali ke ibukota. Kami berpisah dengan Aghi di Stasiun Serang. Pulang jalan-jalan, kami mendapatkan tidak hanya cerita dan pengalaman, tapi juga teman baru. Bersyukurnya!

Sekian ulasan perjalanan saya di Banten. Oh ya, saya kasih foto jadwal kereta lokal Rangkasbitung - Merak. Semoga berguna dan masih relevan ya!
Jadwal ka lokal Rangkas - Merak
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Instagram