Agustus 24, 2018

Prosedur Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Cilacap


Paspor RI
Tulisan kedua hari ini, saya ingin mengulas pengalaman pembuatan paspor baru di KANIM Cilacap. Berhubung di Purwokerto - Banyumas tidak ada kantor imigrasi, jadilah saya memilih Kantor Imigrasi Cilacap sebagai penerbit paspor saya pada bulan Februari lalu. Prosedurnya pun cukup mudah. Saya mengisi dokumen pendaftaran pada link ini atau kita dapat mengisinya pada aplikasi android LIPOLINE Imigrasi Cilacap yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Berikut prosedur online yang harus kita isi pada link tersebut.

Aplikasi Online
Setelah pendaftaran berhasil, kita akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran antrian online. Jadi nanti pas kita datang ke KANIM sesuai tanggal dan jam antrian, kita tinggal membawa syarat berkas yang diperlukan baik asli maupun fotokopi dalam ukuran kertas A4. Berikut dokumen persyaratan yang diperlukan diantaranya:

1.     E-KTP.
2.    Kartu Keluarga.
3.    Akta Lahir/ Ijazah/ Buku Nikah.
4.    Paspor Lama (Bagi pemohon penggantian paspor).
5.  Surat Rekomendasi kemenag untuk Haji/ Umroh dan Surat Rekomendasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji/ Umroh PPIH/ PPIU (Syarat Tambahan).
6.    Mengisi formulir surat pernyataan penambahan Nama (Syarat Tambahan).
7.    Bagi Pemohon yang akan Bekerja Ke Luar Negeri Melampirkan Surat Rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja Setempat.
8.   Bagi Pemohon yang akan Melakukan Perjalanan Ke Luar Negeri dalam Rangka Magang dan Program Bursa Kerja Khusus.
9. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja.

Nunggu antrian, loket online dan on the spot berbeda.
Usahakan sudah berada di Kantor Imigrasi 30 menit sebelum jadwal antrian kita. Agar tidak terburu-buru dan sudah stand by di tempat saat nomor antrian kita dipanggil nantinya. Prosedur di KANIM sendiri, dokumen kita akan diperiksa terlebih dahulu oleh verifikator. Ketika berkas dinyatakan aman (tidak bermasalah), kemudian proses wawancara singkat. Pertanyaan sederhana kok seperti mau kemana, kapan, dan untuk urusan apa. 

Karena saya salah isi data tanggal lahir, jadinya isi form manual juga hahaha. Sebelah kanan lembaran untuk bayar ke kas negara.
Setelah itu, kita akan melakukan perekaman sidik jari dan difoto. Kemudian menunggu beberapa menit, kita akan mendapatkan bukti pengantar pembayaran. Untuk pembayaran biaya paspor ini, bisa kita bayar di kantor pos maupun bank persepsi. Total biayanya adalah Rp355.000 (biaya paspor biasa + jasa biometrik). Setelah 3 hari kerja, paspor kita sudah dapat diambil di area loket pengambilan paspor yang menghadap ke parkiran bagian belakang.

Loket Pengambilan Paspor
Oya lur, KANIM Cilacap sendiri masih melayani paspor biasa, belum melayani penerbitan e-passport. Kalau kalian ingin membuat e-passport bisa mengurusnya di KANIM Kelas I seperti di Jakarta, Surabaya dan Batam. Apa sih bedanya paspor biasa dengan paspor elektronik? Bedanya itu kalau e-passport ada chip-nya pada bagian depannya. Nah chip ini lah yang berisi data pribadi si pemilik paspor seperti data biometrik, scan sidik jari, dan bentuk wajah pemegang e-passport. Memang secara factor keamanan, paspor elektronik ini sulit untuk dipalsukan (digunakan untuk kejahatan). Nah kabarnya juga chip dalam paspor elektronik ini rentan rusak, jadi kita harus benar-benar menjaganya dengan baik lur. Selain itu, apa yang paling menggiurkan adalah pemerintah Jepang membebaskan VISA bagi WNI pemegang e-passport ini. Kalau untuk biaya e-passport pun lebih mahal yaitu dua kali lipat dari tarif pembuatan paspor biasa sebesar Rp655.000.

Alamat KANIM CILACAP
Jalan Urip Sumoharjo No.249, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53232


Share:

7 komentar:

  1. Alhamdulillah, terimakasiiih tulisannya membantu mas

    BalasHapus
  2. Apa MANULA harus daftar online untuk penggantian paspor?

    BalasHapus
  3. Permisi bapak/ibu,kalau mau kerja di Malaysia sebagai cook bisakah perusahaan dulu yang membikinkan pasportNya dulu,setelah kerja baru potong gaji.terima kasih

    BalasHapus
  4. Saya mau bertanya..
    Bagi pemohon pembuatan paspor untuk jalan2 keluar negri apakah harus melengkapi semua persyaratan yang ditulis dari nom 1 sampai 9 atau seperti apa??

    Mohon infonya ya..
    Terima kasih🙏

    BalasHapus
  5. Kalo misal buat passport itu tujuan kita mau buat liburn itu persyaratan apa aja yg harus di bawa?? Selain tadi yg kya misal kerja harus ada surat rekomendasi dari perusahaan, nah kalo untuk liburan itu seperti apa??

    BalasHapus
  6. Kalo misal buat passport itu tujuan kita mau buat liburn itu persyaratan apa aja yg harus di bawa?? Selain tadi yg kya misal kerja harus ada surat rekomendasi dari perusahaan, nah kalo untuk liburan itu seperti apa??

    BalasHapus
  7. Kalo misal buat passport itu tujuan kita mau buat liburn itu persyaratan apa aja yg harus di bawa?? Selain tadi yg kya misal kerja harus ada surat rekomendasi dari perusahaan, nah kalo untuk liburan itu seperti apa??

    BalasHapus

Instagram