Translate

Juni 27, 2018

Berwisata ke Pantai Karapyak Bersama Keluarga

Pantai Karapyak
Pantai Karapyak menjadi destinasi pilihan yang kami kunjungi saat libur lebaran kemarin. Pantai ini berada di Kalipucang Pangandaran. Kami berangkat dari Purwokerto menuju Sidareja untuk singgah sebentar di rumah kakak. Menjelang sore, barulah perjalanan ke pantai dimulai. Dari Sidareja hanya membutuhkan sekitar satu jam saja.

Jalan raya menuju ke Pangandaran cukup ramai sedikit macet. Lalu lalang kendaraan memadati jalanan untuk berlibur bersama keluarga atau lagi hangat-hangatnya momen lebaran. Setelah menemukan pertigaan, jalur ke kiri mengarah ke pantai sedangkan kalau lurus menuju ke Pangandaran. Dari pertigaan ini sekitar 15 menit saja. Area perbukitan dengan pohon kelapa di sekitaran. Akses jalannya sudah mulus. Dari area pintu masuk, kontur jalannya mulai menurun. Pada sebelah kiri akan terlihat lautan luas kian menyapa.

Pantai ini relatif bagus dalam pengelolaannya. Ada bukit pandang yang dibuat untuk tempat foto-foto, tapi saya tidak kesana. Setelahnya warung makanan di sisi kanannya. Beberapa penginapan berjejer ke barat. Pohon-pohon di atas lahan parkiran. Kekurangannya, banyak sampah berserakan, sampah plastik, sampah kayu dan sebagainya. Saya tidak melihat tempat sampah di area pantai. Yang ada cuma himbauan tertulis agar tidak berenang.

Karang yang cukup luas
Pantai ini berpasir agak merah-coklatan. Ombak yang menggulung memang tinggi tetapi hanya menghempas bagian ujung batuan karang. Beruntung air laut sedang surut. Jadi area karang bisa pula kami nikmati. Tergenangi sedikit sisa air pasang. Biota laut seperti keong kecil, bintang laut, rumput juga lumut mengisi bagian karangnya. Sekilas seperti Pantai Krakal, kalau airnya surut pengunjung bisa jalan-jalan di atas karangnya.

Ombaknya cukup tinggi
Pengunjung pantai ini terbilang ramai. Beberapa pengunjung menyebar di area karang, bermain pasir, layangan, dan pesawat-an, ada yang sekedar duduk santai menikmati suasana pantai, berburu makanan seperti cilok, siomay, bakso, seafood dan sebagainya. Ponakanku asyik bermain pasir, main layangan berbentuk pesawat yang terbuat dari sterofoam. Pantai ini memang cocok dijadikan destinasi wisata pilihan keluarga.

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung
Menjelang petang, matahari merona jingga hendak terbenam. Ronanya menyilau ke air yang menggenang di karan. Memadu awan halus di atas pepohonan di ujung pantai. Sedikit tertutup awan, lalu berbentuk bulat sempurna, kemudian jatuh perlahan. Momen senja memang selalu dramatis. Gelap sudah, suara hingar bingar ombak yang menabrak batas pantai. Sekaligus menutup momen kami berlibur ke Pantai Karapyak.

Senja di Karapyak, boleh juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar